Rabu, 21 Oktober 2015

Makanan Khas Kota Asal ku


a. Semangka Manis Tanpa Biji 
Di Bulungan terkenal dengan buah semangka manisnya yang tanpa biji, jambu madu, mata kucing dan durian lokal yang rasanya tak kalah enak dengan durian montong. Di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan terdapat makanan khas asli yaitu tudai. Tudai adalah kerang berdaging tebal berwarna hitam dan jingga. Disajikan dengan direbus menggunakan bumbu-bumbu khas dari daerah tersebut. Di tanjung selor juga terkenal dengan Kopi Arabnya. Jika anda menyukai kopi anda dapat berkunjung ke Kampung Arab untuk mencicipi nikmatnya kopi khas Kampung Arab. Spesialnya kopi arab ini dibumbui dengan rempah-rempah. kopi ini berkhasiat untuk mengembalikan kesegaran tubuh, dikatakan bahwa kopi ini sangat cocok dijadikan sebagai minuman untuk berbuaka puasa. Sangat cocok jika disajikan bersama buah kurma. Kopi Arab juga telah ada dalam bentuk kemasan yang dapat anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara.

 b. Tudai


Sungai Kayan yang tepiannya melintasi Kota Tanjung Selor, sebuah kota kecil yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan
Di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan terdapat makanan khas asli yaitu tudai. Tudai adalah kerang berdaging tebal berwarna hitam dan jingga.
Kerang ini tidak disantap dengan cara direbus begitu saja, tapi direbus dengan menggunakan bumbu  rempah dan cabai sehingga rasa gurih bisa meresap sampai ke dagingnya.
Menyantap tudai bisa dilakukan di warung-warung yang ada di Kota Tanjung Selor yang menyajikan hidangan laut atau ikan.
Harga kerang tudai ini sangat terjangkau. Biasanya dijadikan camilan sebelum menyantap hidangan utama seperti ikan laut atau kepiting.
Sumber

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar